Butuh Suasana Baru? Gunakan Saja Desain Pintu Geser Berikut Ini


Tampilan rumah akan lebih segar dan unik apabila menggunakan pintu geser. Desain pintu ini terdiri dari beberapa macam yang bisa disesuaikan dengan desain rumah.
Untuk Kamar Tidur
Desain pintu untuk kamar tidur terutama yang memiliki balkon atau menghadap ke halaman akan lebih baik apabila menggunakan pintu yang dari kaca dengan bingkai dari kayu maupun alumunium. Pintu kaca memungkinkan Anda menikmati pemandangan indah di luar dari dalam kamar tidur. Pintu ini juga sekaligus berfungsi sebagai bukaan untuk memasukkan cahaya luar ke dalam ruangan. Jadi, Anda bisa menghemat pemakaian lampu di kamar tidur.
Karena pintu konvensional memiliki keterbatasan ukuran bukaan, sebagai alternatif gunakan pintu geser dengan frame kayu atau alumunium. Pintu yang bisa dilipat memiliki ukuran bukaan lebih lebar daripada pintu konvensional. Pintu yang bisa dilipat di kamar tidur ini juga hemat ruangan ketika direntangkan maupun dirapatkan sehingga cocok untuk ruangan sempit tak seperti pintu ayun.
Pintu Berbahan Kayu
Pintu geser berbahan kayu sangat cocok dipakai sebagai pintu garasi atau partisi ruang. Pintu kayu tanpa finishing menimbulkan kesan rustic pada ruangan sehingga cocok dikombinasikan dengan elemen lain yang sama-sama dibiarkan raw. Penggunaan pintu yang bisa dilipat dan terbuat dari kayu ini juga menciptakan nuansa natural sehingga cocok dipakai di rumah berkonsep rumah tradisional atau alami.
Pintu yang bisa dilipat dari kayu biasa berbentuk pintu kayu polos tanpa aksen tambahan apapun. Atau bisa berupa pintu kayu dengan aksen tambahan seperti celah atau kisi-kisi di seluruh bagian pintu seperti pintu tropis. Desain pintu dengan celah di seluruh bagian pintu seperti ini memungkinkan udara dalam ruangan bisa berganti dengan cepat karena celah tersebut juga berperan sebagai ventilasi.
Pintu Berbahan Kaca
Pintu berbahan kaca tanpa bingkai seringkali dipakai sebagai pembatas ruangan antara bagian luar rumah dengan bagian dalam. Pintu ini memberi kesan mewah dan elegan karena material kaca dipakai secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan pintu yang dilipat dari material kaca sebagai partisi ruangan apabila ingin memberikan kesan luas dan memungkinkan kesan alami dari halaman atau luar ruangan berpadu dengan pemandangan dalam ruangan.
Pintu geser berbahan kaca biasa dipadukan dengan material alumunium sebagai frame. Pintu seperti ini banyak dipakai sebagai partisi terutama di rumah bergaya minimalis modern. Kesan elegan dan praktis dari pintu berbahan kaca dengan frame alumunium membuatnya cukup fleksibel.
Pintu seperti ini tak hanya dipakai sebagai partisi antara ruangan dengan halaman luar. Tapi juga partisi antar ruangan di dalam rumah. Memanfaatkan pintu yang bisa dilipat sebagai partisi antar ruangan mampu menghemat ruang dan lebih murah daripada harus membangun partisi permanen dari tembok atau papan kayu. Anda bisa melipat pintu saat ingin memperluas ruangan, kemudian melebarkannya kembali ketika membutuhkan privasi. Praktis sekali!

0 Komentar