4 Tips Memilih Partisi Geser Untuk Ruangan Minimalis Modern


4 Tips Memilih Partisi Geser Untuk Ruangan Minimalis Modern


Partisi geser - Cara memilih penyekat ruangan minimalis merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Penyekat atau partisi ruangan bisa dikatakan memiliki peranan yang cukup praktis dalam sebuah rumah minimalis. Menata ruang minimalis memakai penyekat ruangan memang sangat ideal, dan ini adalah solusi untuk menata agar rumah terlihat lebih rapi dan tertata meskipun tak memiliki dinding penyekat.
Cara Memilih Partisi Ruangan Minimalis
Pada umumnya ada 2 jenis partisi ruangan yang biasa kita kenal, diantaranya partisi non permanen dan partisi permanen. Pada partisi permanen biasanya terpasang dalam satu tempat yang berdinding batu bata atau batako. Maka dari itu, dalam memasang penyekat permanen dibutuhkan perencanaan yang matang. Sementara untuk partisi non permanen sendiri bisa dikatakan lebih praktis dan lebih mudah dipindahkan. Untuk memilih partisi permanen atau non permanen, seperti partisi geser ambon maupun yang lainnya, diperlukan tips-tips berikut ini :
1.      Tetapkan Lokasi
Untuk memilih partisi atau penyekat ruangan minimalis, hal pertama yang harus diperhatikan ialah menentukan lokasi yang akan dipasang partisi. Apakah partisi yang dipilih nantinya berlaku pada ruangan yang memerlukan privasi berlebih ataukah tidak. Menentukan lokasi untuk penempatan partisi tersebut akan mempermudah Anda untuk memilih apakah partisi non permanen ataukah partisi permanen yang akan digunakan.
Jika partisi untuk keperluan sementara waktu, sebaiknya pilih jenis partisi yang gampang dipindahkan atau digerakkan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan partisi semi permanen yang gampang dibongkar pasang, sehingga tetap bisa memberikan sirkulasi udara ataupun cahaya yang masuk dan keluar dari ruangan.
2.      Tetapkan Desain
Selain menetapkan lokasi, cara memilih penyekat ruangan lainnya ialah dengan menetapkan desain. Pertimbangkan apakah akan membuat konsep desain penyekat yang tertutup secara lokal ataukah berupa pembatas semu. Hal tersebut nanti akan berpengaruh pada jenis bahan partisi yang akan digunakan. Jenis partisi tertutup total biasanya tetap menjaga privasi dari pemilik rumah. Karenanya, pilihan jenis desain partisi itu sendiri harus tidak transparan dan tidak rapat. Contohnya, Anda tetap ingin membatasi antara ruang keluarga dan ruang tamu. Pakai folding door yang memiliki rel roda pada bagian bawah dan atasnya. Materialnya sendiri bisa terbuat dari bahan dasar kaca atau kayu yang tak tembus pandang.
3.      Pilih Material
Kiat memilih partisi untuk ruangan minimalis berikutnya ialah memilih bahan atau material partisi. Terdapat jenis-jenis bahan yang biasa digunakan untuk partisi, diantaranya bamboo, kain, kayu, kaca atau berupa kombinasi keempat bahan tersebut. Masing-masing mempunyai keunikan tersendiri dalam meningkatkan nilai estetika ruangan minimalis yang Anda buat.
4.      Tetapkan Anggaran
Tips untuk memilih partisi ruangan minimalis berikutnya ialah mempersiapkan budget atau anggaran. Untuk menghitung biaya pembuatan atau pembelian partisi yang harus diperhatikan ialah biaya untuk pembelian partisi geser ambon yang sudah jadi atau yang lainnya, biaya pemasangan/instalasi dan juga biaya finishing. JIka Anda memilih jenis partisi non permanen, maka biaya yang diperlukan hanya untuk pembelian saja.

0 Comments:

Posting Komentar