Mengenal Macam-Macam Pintu Partisi Geser dan Lipat Untuk Sebuah Ruangan


Mengenal Macam-Macam Pintu Partisi Geser dan Lipat Untuk Sebuah Ruangan

Partisi Geser Bali ialah pintu atau partisi yang bisa digeser saat dibuka. Anda tentu pernah melihat jenis pintu-pintu geser dan lipat di pasaran atau bahkan di Gedung-gedung bangunan tertentu, seperti di Auditorium, Gedung serba guna, atau di Aula. Biasanya jenis pintu untuk ruangan hanya bisa ditutup dan dibuka membentuk sudut 90 atau 180 derajat. Untuk pintu 2 sisi, kedua daun pintu tak bisa saling berimpit mengingat memang bukan termasuk model lipat. Namun seiring waktu, pihak produsen pun mulai mengembangkan pintu yang bisa membuat ruangan terlihat lebih menarik.
Fungsi Jenis-Jenis Pintu Dalam Ruangan
Baik pintu lipat maupun pintu geser mempunyai fungsi yang serupa. Biasanya berfungsi sebagai pemisah antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Contohnya dalam bangunan Gedung yang terdapat ruangan berukuran sangat luas. Lalu berencana memisahkan keduanya, tapi jika sewaktu-waktu tidak diperlukan untuk acara-acara tertentu, bisa disatukan menjadi 1 ruangan kembali. Karena itu, Anda lebih baik memilih model partisi lipat. Manfaat lainnya ialah untuk menunjukkan interior yang tetap memperhatikan nilai estetika sebuah ruangan. Selain itu juga bisa dikatakan lebih efektif saat Anda berniat untuk membatasi ruangan, dan biasanya memakai dinding atau tembok berbahan triplek, sebaiknya ganti memakai pintu dengan partisi ini. Selain fungsi-fungsi tersebut di atas, Anda tentu akan menemukan fungsi-fungsi pintu partisi geser bali saat ingin memasangnya untuk ruangan tertentu.
Bahan Pintu Partisi
Setiap produsen partisi sebenarnya mempunyai bahan utama tertentu yang mereka andalkan. Tapi taka da salahnya jika Anda mengetahui bahan-bahan yang dipakai untuk memasang partisi model geser. Contohnya, bahan pintu dengan rel berbahan aluminium dilengkapi oleh 2 buah roda di tiap panel pintunya. Atau bisa juga memakai rel berbahan dasar logam besi yang dilengkapi hanya oleh sebuah roda di tiap bagian panel partisi. Untuk bahan jenis ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan konsumen yang ingin memasang pintu partisi untuk sebuah ruangan.
Keunggulan Tiap-Tiap Model Pintu
Walaupun fungsinya sama, tentu tetap saja pintu partisi mempunyai kelebihan tersendiri. Kelebihan dari model pintu lipat ialah bagian panelnya searah dengan bagian rel. Adapun penyimpanan pintu lipat tersebut biasanya terletak di bagian samping. Ada stucking untuk mempermudah pintu saat di simpan dan dibelokkan. Sementara kelebihan model pintu partisi geser bali ialah mengutamakan pemasangan rel pad bagian atas. Rel bagian dalam pintu model ini biasanya membuat partisi mempunyai penumpu yang cukup kuat pada rel atasnya.
Sistem Pada Pintu Partisi
Tak hanya memasang pintu pada model pintu partisi saja. Produsen pintu juga sudah mempunyai mekanisme instalasi pintu partisi menggunakan sistem sliding. Biasanya sistem sliding ini merupakan sistem yang cukup ditarik atau didorong saat pintu partisi akan dibuka

0 Comments:

Posting Komentar